Awalnya Terbuang, Kini Bernilai Ekonomis

Indonesia adalah salah satu produsen minyak atsiri terbesar di dunia, dan minyak ini juga merupakan komoditas yang menghasilkan devisa. Minyak atsiri juga dikenal sebagai minyak atsiri atau minyak atsiri (volatile oil). Minyak ini terbuat dari akar, batang, daun dan bunga tanaman.

Salah satu tanaman paling populer yang menghasilkan minyak esensial adalah bunga dari tanaman kenanga. Bunga kenanga (Kenanga odorata) adalah bunga yang berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara, terutama dari Filipina, Thailand dan Indonesia. Minyak kenanga dari Indonesia banyak digunakan dalam industri kimia parfum di pasar dunia.

Awalnya Terbuang, Kini Bernilai Ekonomis

Ylang Ylang, yang dikenal untuk produksi minyak esensial ylang ylang, berasal dari spesies Kenanga odorata forma macrophylla, yang dikenal sebagai ylang biasa. Bunga kenanga yang berasal dari Filipina dan Thailand adalah spesies bunga kenanga asli Kenanga odorata forma dan Kenanga odorata forma fruticosa yang menghasilkan minyak ylang-ylang. Bunga kenanga, yang kuning kehijauan dan kuning, dapat menghasilkan minyak berkualitas baik.

Kenanga adalah flora Aceh dan provinsi Sumatera Utara. Di Aceh, bunga Kenanga dikenal sebagai Bungong Seulanga. Bunga-bunga ini memiliki banyak peran dalam upacara-upacara khusus, seperti upacara pernikahan.

Kenanga adalah tanaman induk besar dengan diameter hingga 0,1 hingga 0,7 meter dan usia puluhan tahun. Tanaman kenanga memiliki batang lurus, rapuh (mudah pecah) ketika muda. Ketinggian pohon kenanga normal atau macrophylla dapat mencapai 5 hingga 20 meter dan pada genuina atau tinggi pohon ylang-ylang hanya 3 meter (Rochin Armando, 2009). Batang sistem ini cocok sebagai bahan penyerap suara (akustik).

Bunga kenanga wangi dan khas. Sepintas, penampilan bunga-bunga Kenanga bergulung-gulung seperti bentuk bintang laut. Bunga ini muncul di batang atau cabang-cabang bagian atas pohon dengan susunan bunga tertentu.

Bunga Kenanga terdiri dari enam daun dengan mahkota hijau kekuningan dan tiga daun hijau. Pangkal bunganya bulat dan datar, sedangkan benang sari banyak, batang pendek dan disusun dalam bentuk spiral. Kuncup bunga batang pendek, berkepala bundar dan berlendir. Bunganya mengandung minyak harum / minyak kenanga.

Buah ylang-ylang memanjang dan bijinya banyak dan menyebar ke samping. Buahnya lonjong, tebal, berdaging, hijau ketika muda dan berubah menjadi hitam setelah penuaan, umumnya mengelompokkan 6-10 buah pada batang utama. Biji nomor 8-12 untuk setiap buah, umumnya disusun dalam dua baris, bulat, rata, berkulit keras, berwarna cokelat.

Kualitas Kenanga dipengaruhi oleh teknik budidaya, umur panen, proses pengeringan dan waktu penyimpanan setelah pengeringan. Beberapa manfaat Kenanga, antara lain, bisa mengobati kudis dan semprotan nyamuk dan digunakan sebagai perawatan kecantikan, biasanya sebagai campuran masker dan scrub. Minyak ini berguna untuk mengatur aliran kelenjar adrenal dalam sistem saraf sehingga efeknya menciptakan perasaan senang dan tenang, dan menghilangkan stres, kemarahan dan kepanikan.

Manfaat Kenanga (Kenanga odorata). Tanaman kenanga terutama digunakan untuk bunga. Bunga kenanga, yang wangi dan harus memiliki aroma khas, dapat disuling menjadi parfum dan bahan kosmetik lainnya. Telah lama digunakan sebagai pengharum ruangan, rambut, pakaian, dan ruang.

Bunga kenanga dengan melati dan mawar digunakan sebagai biji bunga selama ziarah. Juga sering digunakan dalam berbagai upacara tradisional di berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, bunga kenanga juga terbukti sebagai tanaman obat, yang efektif untuk membersihkan obat-obatan setelah lahir, untuk sesak napas dan bronkitis, dan sebagai obat malaria.

Kenanga dapat mencapai hingga 1.200 m di atas permukaan laut di dataran rendah. tumbuh dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *