Bibit Jahe Harga Grosir Murah

December 31, 2019 Uncategorized  No comments

Jahe adalah jenis makanan akar yang mana tanaman ini sangat terkenal karena memiliki rasa pedas dan terasa hangat apabila dikonsumsi. Tanaman jahe ini diperkirakan berasal dari negara bagian India selatan,yang saat ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara seperti di negara Indonesia, India, Tiongkok dan negara-negara Afrika. Jahe merupakan tanaman rimpang yang mana tanaman ini mempunyai ciri pertumbuhan yang menjalar dibawah permukaan tanah serta dapat menghasilkan beberapa jenis tunas baru dan juga terdapat akar baru dari bagian ruas-ruasnya.

Bibit Jahe Harga Grosir Murah

Tanaman Jahe ini sangat banyak memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan yang mana sangat penting bagi tubuh manusia,yang mana dapat dikonsumsi secara segar maupun ditambahkan ke berbagai hidangan makanan sebagai penambah daya tarik serta penambah cita rasa yang kuat pada berbagai macam makanan terutama makanan khas Indonesia,serta dapat juga diolah menjadi jamu, dodol jahe, permen jahe, selai jahe dan teh jahe.

Tanaman jahe ini memiliki rasa yang pedas namun dapat menghangatkan. Rasa Pedas yang dimaksud bukanlah rasa pedas seperti halnya  cabai,melainkan rasa pedas karena sangat hangat. Pada bagian daging jahe ini dominan berwarna kuning sedikit keputihan. Dan juga tanaman jahe ini juga terdapat beberapa macam yaitu, jahe gajah, jahe kuning, dan jahe. Jahe juga dapat berfungsi sebagai penghilang bau amis pada ikan mentah. Jahe juga bisa dimasak menjadi sebuah sajian minuman karena rasanya yang hangat dapat menghangatkan badan terutama kala cuaca sedang dingin. Berbagai olahan masakan yang menggunakan tambahan jahe ini biasanya sup atau ikan sarden.

Bibit Jahe

Pemilihan bibit yang benar dan juga tetap merupakan salah satu cara agar mendapatkan hasil panen yang terbaik dan memiliki kualitas yang terbaik juga. Beberapa syarat dan keharusan dalam memilih bibit yang unggul dalam membudidayakan jahe adalah :

  • Memiliki umur satu tahun , dan dalam 1 tahun itu calon bibit di perlakukan dengan baik.
  • Bebas dari penyakit seperti busuk rimpang dan juga jamur agar ketika di budidayakan tidak akan menghasilkan jahe yang buruk.

Ke 2 faktor di atas adalah factor yang memang betul-betul di perhatikan dalam membuat dan juga mencari bibit dari jahe ini sendiri. Jangan sampai kita merugi gara-gara hasil panen dari jahe yang tidak sesuai dengan permintaan di pasar.

Pohon Jahe

Untuk bentuk dari bibit tanaman jahe  itu sendiri hampir sama dengan jahe pada umumnya , namun ada beberapa ciri yang bisa kita kenali seperti :

  • Ciri yang pertama adalah bahwa tanaman jahe ini dominan sekali memiliki batang semu
  • Ketinggian pohon jahe ini rata-rata antara 30-120cm , Namun rata rata memiliki tinggi sekitar 30-50cm.
  • Daun dari tanaman jahe ini memiliki ukuran yang cukup sempit dengan panjang hanya mencapai 15-23 mm.
  • Untuk bagian tangkai daunnya sendiri tanaman jahe ini lebih sedikit berbulu dan memiliki panjang antara 2-4 mm.
  • Jahe ini memiliki bunga.
  • Batang nya tersembul keluar dari dalam tanah bukan dari batang daun
  • Berbetuk seperti tongat, gagang bunga tidak  memiliki berbulu, bunganya berwarna merah terang dan dilindungi oleh daun yang berwarna hijau yang lebat.
Bibit Jahe Harga Grosir Murah

Selain beberapa point yang sudah di jelaskan di atas , pohon jahe marah ini hanya dapat tumbuh pada tanah yang betul-betul subur, gembur dan banyak mengandung nutrisi tanah.

Budidaya Jahe

Seperti yang sudah di sebutkan tadi , di Indonesia sendiri terdapat salah satu jenis jahe yang cukup ampuh dan sangat baik manfaatnya yaitu jahe. Ukuran dari jehe jenis ini kecill-kecil yang berbeda dengan beberapa jenis jahe lainnya. Selan itu juga ada keunggulan tersendiri dari jahe jenis ini adalah memiliki kandungan minyak asiri lebih besar yakni sekitar 2,58 – 2,72 %.

Oleh karena itu beberapa orang memilih untuk membudidayakan jahe dari pada jahe lainnnya. Berikut adalah cara budidaya jahe yang bisa anda ikuti.

     1. Mempersiapkan media tanam

Langkah yang pertama adalah dengan menyiapkan media tanam dari tanaman jahe ini. Media tanam dari jahe bisa menggunakan polybag ataupun jenis karung bekas yang bisa  membuat anda hemat biaya.

Untuk isian dari polybag itu sendiri isikan perbandingan 1:1:1 antara tanah , pasir dan juga pupuk. Untuk jenis pupuk yang di gunakan di awal ini usahakan menggunakan pupuk organic agar mudah di serap leh tanaman.

     2. Menyiapkan bibit jahe

Langkah selanjutnya adalah dengan menyiapkan bibit jahe yang akan kita budidayakan. Usahakan bibit yang di gunakan adalah bibit unggul yang dimana memiliki ciri berumur tua , bebas dari hama dan jamur  , selain itu juga tidak ada bekas luka di bibitnya.

Setelah memiliki bibitnya , rendam di dalam cairan yang sudah di campur fungisida selama kurang lebih 15 – 20 menit yang dimana  langkah ini bertujuan untuk membasmi berbagai bakteri jahat yang ada di dalam bibit jahe.

Secara struktural tanaman jahe merupakan jenis tanaman serbaguna. Selama berabad-abad, tanaman jahe ini telah digunakan untuk berbagai macam jenis pengobatan dan juga dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Tanaman Jahe sendiri ini banyak mengandung vitamin A, C, E, B, magnesium, kalium, fosfor, zat besi, natrium, kalsium, dan beta-karoten.

Perhatikan terlebih dahulu jika ingin mengkonsumsi jahe,karena pasalnya jahe ini juga dapat merusak jaringan dan sel-sel di dalam tubuh,hal ini dikarenakan bahwa tanaman jahe mempunyai sifat panas dan kuat, maka jika dikonsumsi secara berlebihan,maka hal ini justru dapat mengganggu pencernaan di organ tubuh anda,terutama pencernaan.

Mengurangi Rasa Sakit Secara Optimal

Suatu penelitian yang dilakukan oleh para ahli di University of Georgia telah menyatakan bahwa manusia yang rutin mengkonsumsi suplemen yang terbuat dari bahan utama dari jahe,dan setidaknya dilakukan setiap hari maka dapat mengurangi sakit-sakit yang terjadi pada area sekitar otot dan sendi yang diakibatkan oleh adanya berbagai macam aktivitas,baik itu bekerja maupun berolahraga hingga 25%. Dan juga manfaat jahe ini dapat mengurangi rasa sakit dan neyri akibat dysmenorrhea, yakni rasa sakit pada saat akan menstruasi. Dalam suatu penelitian juga menyebutkan bahwa sekitar 65% wanita akan merasakan sakit yang dikarenakan oleh menstruasi berkurang secara drastis setelah mengkonsumsi suplemen atau minuman dari ekstrak jahe.

Menghilangkan Bau Mulut

Air perasan yang di dapat dari Jahe ini juga dapat menghilangkan bau mulut. Secara menyeluruh penyebab bau mulut ini dapat diatasi dengan kandungan di dalam jahe yakni Vitamin C yang terkandung dalam Jahe,Vitamin C ini dapat membunuh bakteri yang ada di sela-sela  dan juga membersihkan di bagian gusi mulut yang menjadi penyebab utama bau mulut. Caranya cukup mudah anda dapat mencampurkan satu sendok air perasan jahe ke dalam air hangat dan kumur selama beberapa menit.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>