Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Melinjo

January 17, 2020 Uncategorized  No comments

Pernahkah anda mengkonsumsi cemilan semacam emping? Nah,kalau anda pernah mengkonsumsi cemilan ini maka anda juga pasti tahu bahan dasar pembuatan emping. Ya,bahan dasar pembuatan emping adalah tanaman melinjo yang sudah di sangrai lalu kemudian dijadikan sebuah bulatan tipis. Kali ini saya akan membahas sedikit mengenai tanaman melinjo ini,mari simak ulasan saya di bawah ini.

Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Melinjo

Melinjo adalah sebuah tanaman berbiji terbuka yang banyak sekali di manfaatkan manusia dan diambil biji serta daunnya. Tanaman Melinjo ini dapat tumbuh subur di area yang mempunyai iklim yang kering atau tropis,namun tumbuhan melinjo ini tidak memiliki cara khusus dalam membiakkannya,dalam hal ini maka Negara Indonesia adalah salah satu negara yang di juluki sebagai penghasil tanaman melinjo terbesar yang sudah di akui di beberapa negara di dunia.

Tanaman melinjo ini hampir di semua provinsi di Indonesia ini bisa di jadikan lahan untuk budidaya tanaman melinjo dengan sangat mudah. Tanaman ini juga mampu berusia hingga ratusan tahun dengan hasil panen yang cukup berlimpah dan memuaskan. Tinggi rata-tata pohon melinjo ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 340 meter dan pada bagian batang dari tumbuhan ini umumnya lurus dan kuat.

Kegunaan tanaman melinjo yang utama adalah sebagai bahan pembuatan makanan ringan. Dari mulai bagian daun hingga bagian buah melinjo ini bisa di dihidangkan di dan sangat disukai oleh masyarakat. Makanan yang paling sering menggunakan tanaman melinjo ini adalah sayur asem tanpa adanya tanaman melinjo ini, maka rasa dan ciri khas dari sayur asem tidak akan mendapat banyak penggemar,malah akan mendapat respon yang negatif seperti sekarang ini Melinjo juga merupakan sebuah bahan baku utama dalam pembuatan emping.

Baca Juga: Cegah Penyakit Jantung Dengan Jahe

Hal ini di lakukan karena tekstur yang terdapat pada tanaman melinjo ini sangat di gemari di kalangan masyarakat indonesia dan sudah banyak pula yang menyukai makanan ringan yang satu ini namun, anda harus berhati-hati di karenakan kandungan dalam melinjo ini bisa meningkatkan kadar kolestrol Anda semakin meningkat sehingga aanda harus dengan bijak dalam mengkonsumsi makan yang terbuat dari melinjo ini dan juga berbagai makanan olahannya.

Sebagian orang secara tidak sadar sangat gemar memakan emping melinjo dan mereka pun bahkan tidak bisa menjadikan emping ini sebagai selingan di saat menyantap makanan yang berkuah bahkan juga sering untuk dijadikan sebagai cemilan jika diteruskan tentunya akan berdampak buruk bagi kesehatan si orang tersebut. Namun,perlu anda ketahui bahwa selama anda mengkonsumsi melinjo dalam kategori batas wajar maka tidak akan menimbulkan efek apapun terutama dalam darah anda.

Tanaman melinjo ini banyak memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bagi mereka yang mengkonsumsi melinjo dalam jumlah yang tepat,maka sudah pasti kedepan nya akan mendapatkan perlindungan semacam ini.

Ciri utama yang didapat oleh pohon melinjo ini adalah:

Kayu

Batang kayu pada pohon melinjo ini dominan mempunyai warna abu-abu pucat dan sedikit bercak keputihan bermotif lurus dengan berbutir relatif lembut dan juga terdapat sebuah garis simpul bebas pengering tanpa kesulitan dan sering digunakan dalam keadaan hijau atau basah untuk pekerjaan tukang bubur dan mangkuk ukiran.

Berikut ini kami sampaikan tips budidaya tanaman melinjo

Pemilihan Lokasi Tempat Pertanaman Melinjo

  • Iklim Tempat Menanam Melinjo harus sesuai
  • Tanaman melinjo ini dapat tumbuh dengan baik pada berbagai jenis kontur tanah,meskipun tanah tersebut kurang subur.
  • Daerah dengan curah hujan antara 2500-3000 mm per tahun dan itu cukup baik untuk pertumbuhan melinjo,akan tetapi melinjo menyukai musim kemarau.

Ketinggian tempat  Menanam Melinjo

  • Tanaman melinjo dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 1600 m di atas permukaan laut,namun  dengan begitu produksi maksimal dicapai pada ketinggian yang tidak lebih dari 300 m diatas permukaan laut.

Kontur Tanah Tempat Menanam Melinjo

  • Tanaman Melinjo tidak mebutuhkan persyaratan tumbuh yang mana secara khusus berkaitan dengan tanah sehingga banyak direkomendasikan untuk program penghijauan.

Berikut akan kami jelaskan beberapa tentang manfaat dari tanaman Melinjo untuk kesehatan jangka panjang

Menjaga kesehatan tulang

Buah Melinjo memiliki banyak kandungan seperti  kalsium dan fosfor yang mana kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang manusia. Mengkonsumsi rutin buah Melinjo ini maka kandungan kalsium dan fosfor akan terserap di tubuh anda secara optimal dan dapat menjaga tulang hingga masa tua nanti,kesehatan tulang merupakan salah satu kesehatan yang sangat penting untuk kita perhatikan secara serius.

Mengatasi radang mulut

Penyakit radang mulut sering disebabkan oleh bakteri dan banyak nya kuman,namun jangan khawatir selama anda rutin berkumur dengan Melinjo cingcang maka penyakit radang mulut segera dapat teratasi,cara nya pun cukup simple dengan mencincang  buah Melinjo lalu direbus selama kurang lebih sekitar  10 menit lalu setelah direbus maka langsung saja sajikan di dalam 2 gelas besar lalu minum pagi dan sore.

Bagus untuk kesehatan mata

Tak hanya kandungan kalsium dan fosfor,ternyata Melinjo juga memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan organ mata dan menjauhkan anda dari serangan penyakit mata seperti katarak.

Mencegah Terjadinya Insomnia

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah Melinjo ini dapat dikatakan bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks dan cukup santai. Ketika pikiran lebih rileks, hal ini akan bantu untuk anda mendapatkan kualitas tidur yang cukup baik dan teratur tentunya. Bagi anda yang  saat ini mengalami susah tidur atau terkena insomnia, maka segera untuk mencoba untuk rutin mengkonsumsi buah Melinjo untuk mengatasinya.

Mampu Meregenerasi Sel Kulit

Zat antioksidan yang terdapat di dalam buah Melinjo ternyata sangat baik untuk kesehatan dan juga mampu menghambat penuaan dini secara optimal. Hal ini di karenakan bahwa zat antioksidan ini mampu memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

Sehingga ketika anda akan memulai aktivitas akan nampak sehat bugar dan terasa awet muda,maka dari itu disarankan agar anda rajin mengkonsumsi buah Melinjo ini dalam jumlah yang standar. Selain buah Melinjo,ada juga jenis buah lain yang banyak mengandung senyawa antioksidan yaitu buah mahkota dewa.

Menghambat pertumbuhan kanker

Manfaat buah Melinjo yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu banyak mengandung senyawa xanthone yang mana merupakan sebuah senyawa yang dipercaya sebagai anti-kanker. Bahkan ektrak kulit tanaman Melinjo ini pun juga bersifat apoptosis (penghancur sel kanker),jadi bagi Anda yang suka dengan buah Melinjo jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya, karena justru pada bagian kulitnya ini yang banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah Melinjo ternyata juga sangat kaya akan nutrisi, mineral, vitamin, dan xanthone yang mana semuanya itu dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh secara signifikan. Nutrisi ini di percaya juga mampu melindungi tubuh anda dari berbagai macam serangan penyakit yang dapat melemahkan sistem syaraf di dalam otal dan melemahkan kekebalan tubuh.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>